Kriptogarfi Modern

Cipher

System kriptografi simetrik terbagi lagi menjadi dua, diantaranya stream cipher dan blok cipher…

Bedanya???

Pada blok cipher teks terang dibagi menjadi blok – blok dengan panjang tertentu dan ditransformasikan menjadi blok teks sandi dengan panjang yang sama dan dengan mempergunakan kunci yang telah disepakati.

Sedangkan yang namanya stream cipher yaitu dilakukan bit per bit atau karakter per karakter per satuan waktu. Kunci yang digunakan dihasilkan oleh pembangkit rangkaian kunci ( key Stream Generator ). Contoh sream cipher diantaranya ; OTP, RC-4, A5/1 yang digunakan pada handphone dll.

Di bawah ini kita bisa lihat struktur dari stream cipher…

stream.jpg

kita bisa lihat dari struktur di atas,sebuah kunci adalah inputan untuk pembangkit rangkaian kunci yang akan menghasilkan sebuah stream number sebanyak 8 bit yang acak. Output dari pembangkit disebut key stream, yang dikombinasikan bit per bit per satuan waktu, plainteks pada stream dengan menggunakan operasi exclusive-OR (XOR). Sebagai contoh, 01101100 sebagai byte yang dibangkitkan oleh pembangkit dan 11001100 adalah plainteks selanjutnya, maka hasil cipherteksnya adalah :

1001100 plainteks

1101100 keystream

0100000 cipherteks

kita ketahui bahwa operasi dari XOR adalah jika inputannya sama maka outputnya bernilai 0.

Dan dalam pendeskripsiannya stream cipher juga menggunakan rangkaian kunci yang sama,

0100000 cipherteks

1101100 key stream

1001100 plainteks

dalam menggunakan stream, ada hal – hal yang harus diperhatikan, diantaranya….

penyandian harus mempunyai periode yang besar, sebuah rangkaian kunci pembangkit menggunakan sebuah fungsi yang menghasilkan bit stream yang akan diulang kembali. Penggunaan periode yang panjang akan sangat sulit dilakukan oleh seorang kriptanalis,, berarti sulit dibuka kan?

Nah.. pada dasarnya perhatian yang sama ini juga ada pada sistem Vigenere , kripanalisis akan sangat sulit dilakukan pada penggunaan kunci yang panjang… yang kedua, kunci yang digunakan dari bilangan random tertutup sebisa mungkin. Contohnya, diperkirakan menggunakan bilangan antara 0 dan 1, jika keys stream digunakan sebagai satu byte pada stream, maka ada 256 byte yang mungkin sering muncul. Kriptanalisis akan kesulitan dengan penggunaan key stream yang acak. Dan satu lagi adalah output dari pembangkit rangkaian kunci dikondisikan menjadi kunci input.

Dengan pembangkit rangkaian kunci, stream cipher dapat seaman blok cipher jika dilihat dari perbandingan kunci yang panjang. pada dasarnya, keuntungan stream cipher yaitu stream cipher lebih cepat dan penggunaan code jauh lebih sedikit dari pada blok cipher. Contohnya pada RC-4, yang dapat diimplementasikan hanya dengan code yang sedikit.

Di bawah ini kita bisa melihat perbandingan kecepatan dari penyandian simetrik pada pentium II.

tabel.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: